14/08/2023

Penilaian Status Gizi Anak

Masa anak-anak terutama usia 0 hingga 5 tahun merupakan periode emas, di mana pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi dengan sangat pesat. Salah satu hal yang sangat penting diperhatikan pada masa  ini adalah pemenuhan kebutuhan gizi atau nutrisi. Gizi menjadi salah satu faktor yang mutlak diperlukan dalam proses tumbuh kembang fisik, sistem saraf dan otak, serta tingkat intelektualitas dan kecerdasan manusia.

Status gizi merupakan gambaran ukuran pemenuhan kebutuhan gizi yang diperoleh dari asupan dan pemanfaatan zat gizi oleh tubuh. Oleh karena itu, pemantauan status gizi pada anak sangat penting. Hasil pemantauan status gizi dapat menjadi tolok ukur apakah anak bertumbuh sesuai dengan usianya atau mengalami masalah tumbuh kembang dan kesehatan, seperti malnutrisi atau bahkan stunting.

Penilaian status gizi dapat dilakukan dengan beberapa metode, salah satu yang sering dilakukan adalah metode antropometri. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai metode antropometri dalam penilaian status gizi.

(YSI Cab. D.I.Yogyakarta)